Selasa, 20 September 2011

SEJARAH STASIUN KOTA BARU MALANG


Stasiun Malang (ML) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Klojen, Klojen, Malang. Stasiun yang terletak pada ketinggian +444 m dpl ini merupakan stasiun KA terbesar di Kota Malang.
Stasiun Malang dibangun pada tahun 1941 berdasarkan karya J. van der Eb. Stasiun ini kadang-kadang disebut sebagai Stasiun Malang Kotabaru karena sebelumnya di Malang sudah pernah dibangun stasiun KA di Kotalama stasiun malang mempunyai 12 jalur aktif
Pada awalnya, bangunan Stasiun Malang berada di sisi timur stasiun yang sekarang. Dengan rancangan seperti ini, penumpang yang baru turun dari KA akan disajikan pemadangan indah di sebelah barat, yaitu Gunung Panderman. Karena bangunan stasiun ini dirasa tidak mampu lagi menampung jumlah penumpang yang terus meningkat, maka dibuatlah bangunan baru yang lebih besar di sisi barat emplasemen (di seberang bangunan stasiun semula). Bangunan baru ini terus dipakai hingga sekarang dan bangunan lama, yang kini bersebelahan dengan Dipo Kereta & Lok Malang, difungsikan untuk kantor dan gudang untuk menyimpan alat-alat perawatan jalur KA.
Saat ini, lokasi Stasiun Malang sangat strategis karena terletak sangat dekat dengan Alun-alun Bundar, Kompleks SMA Tugu (SMAN 13dan 4), Gedung DPRD, Balai Kota Malang, Pasar Klojen, Hotel Tugu Inn dan Markas Kodam V Brawijaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar